Foto: Seorang karyawan menunjukkan gambar hewan endemik Papua yang dilindungi

 

BOVEN DIGOEL – Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit di Papua, PT Tunas Sawa Erma (PT. TSE) memiliki komitmen dalam penerapan tata kelola sawit yang berkelanjutan dan terus berinovasi untuk mengedepankan tanggung jawab lingkungan dan sosial.

Realisasi komitmen PT. TSE dalam tanggung jawab lingkungan dan sosial ditunjukkan dengan melakukan aksi kampanye pelestarian lingkungan belum lama ini. Kampanye ini melibatkan karyawan perusahaan dan masyarakat Kampung Ujung Kia, Distrik Ki, Kabupaten Boven Digoel, Papua.

“Sudah menjadi tanggung jawab kita bersama dalam menjaga keberlangsungan flora, fauna, dan lingkungan alam. Hal ini dilakukan agar nantinya flora dan fauna endemik tidak punah mengingat terdapat beberapa hewan yang tingkat populasinya mulai menurun. Upaya kita dalam melestarikan lingkungan alam tempat kita tinggal merupakan wujud kepedulian terhadap generasi yang akan datang,” ungkap Andi Budi Darmanto selaku Deputy General Manager PT. Tunas Sawa Erma.

Kampanye tersebut dilakukan pihak perusahaan dengan cara yang kreatif dan menarik seperti mengedukasi masyarakat melalui gambar-gambar hewan endemik yang berada di wilayah Papua yang tingkat populasinya mulai menurun. Setelahnya, pihak perusahaan bersama masyarakat juga bersama-sama memasang papan peringatan perlindungan lingkungan alam, flora dan fauna di zona konservasi.

Pihak TSE-B dan masyarakat Kampung Ujung Kia berpose bersama dalam aksi kampanye pelestarian alam

 

Masyarakat sekitar mengaku senang dengan gaya komunikasi yang digelar oleh perusahaan. Sebab dengan menunjukkan berbagai gambar hewan-hewan yang dilindungi sehingga mempermudah masyarakat untuk membedakan hewan mana yang boleh diburu dan tidak. Masyarakat juga jadi lebih memahami alasan pentingnya menjaga pelestarian lingkungan. Alhasil, tidak hanya orang dewasa, anak-anak juga turut asyik menyimak penjelasan dari pihak perusahaan.

“Kegiatan kampanye lingkungan ini meningkatkan kesadaran kami sebagai masyarakat dalam menjaga dan melestarikan lingkungan alam, flora dan juga fauna”, tutur Klemes Ibo yang merupakan Ketua Marga Yore sekaligus perwakilan masyarakat setempat.

Kegiatan kampanye pelestarian lingkungan ini merupakan program Corporate Social Contribution (CSC) PT. Tunas Sawa Erma yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terkait pentingnya menjaga lingkungan alam, flora dan fauna pada zona konservasi di luar areal perusahaan. (PR)

Published On: September 1, 2022
Mungkin Anda tertarik dengan berita ini

Share This Story, Choose Your Platform!

Berita Terbaru
  • Published On: Januari 17, 2023
  • Published On: Desember 15, 2022
  • Published On: Desember 13, 2022