Foto: Seorang mama sedang menjalani pemeriksaan tekanan darah

 

MERAUKE – Puluhan warga Kampung Banamepe, Distrik Edera, Kab. Mappi, Papua tampak hadir dan mengikuti kegiatan bakti sosial kesehatan dan pelestarian lingkungan yang dilaksanakan oleh PT Dongin Prabhawa (PT DP) pada Sabtu (5/11).

Dokter dari Klinik PT Dongin Prabhawa, dr. Angga Pratama dalam kesempatan ini hadir untuk melakukan pemeriksaan dan pengobatan pasien secara gratis. “Dari hasil pemeriksaan kebanyakan masyarakat mengalami tekanan darah tinggi dikarenakan sering mengkonsumsi daging rusa. Saya berharap setelah diberikan obat-obatan, masyarakat di kampung Banamepe ini menjadi lebih sehat,” ungkap dr. Angga Pratama saat diwawancarai.

Tidak seperti daerah-daerah lainnya di Indonesia, di Papua daging rusa memang biasa dikonsumsi. Ini karena, populasi rusa di Papua masih terbilang banyak sehingga aneka macam kuliner dari daging rusa seperti sate, abon dan dendeng mudah ditemukan di sini. Namun meski tinggi protein, jika dikonsumsi secara berlebihan atau diolah dengan kurang sehat, daging rusa juga akan memicu darah tinggi.

Selain kebiasaan mengonsumsi daging rusa, menurut dr. Angga, fasilitas dan akses kesehatan yang terbatas di kampung tersebut menyebabkan kurangnya penanganan dan kesadaran akan bahaya tekanan darah tinggi yang banyak dikeluhkan oleh masyarakat. Selain tekanan darah tinggi, masyarakat Kampung Banamepe juga mengidap penyakit lainnya seperti gangguan lambung dan infeksi saluran pernapasan akut (ISPA).

Adam Yame selaku Sekretaris Kampung Banamepe menyatakan rasa syukurnya atas kegiatan bakti sosial kesehatan dan pelestarian lingkungan yang diprakarsai PT Dongin Prabhawa. Baginya PT Dongin Prabhawa telah menjembatani masyarakat Kampung Banamepe dengan akses kesehatan yang selama ini sulit dijangkau. “Saya sangat senang dengan kegiatan yang dilakukan pihak perusahaan hari ini, saya berharap kunjungan-kunjungan seperti ini dapat diadakan lagi,” tutur Adam.

Suasana kegiatan bakti sosial kesehatan dan pelestarian lingkungan di Kampung Banamepe

 

Pemasangan papan perlindungan Flora & Fauna

 

Pada hari yang sama pihak PT Dongin Prabhawa juga melakukan pemasangan papan perlindungan alam di luar area perusahaan dan kegiatan sosialisasi perlindungan lingkungan yang bertujuan untuk menghimbau masyarakat supaya menjaga dan melestarikan keanekaragaman hayati beberapa hewan endemik seperti burung cendrawasih, burung kasuari dan rusa yang hanya dapat di jumpai di wilayah Papua, agar populasinya dapat terjaga dengan baik.

PT Dongin Prabhawa merupakan anak perusahaan dari TSE Group yang bergerak dalam bidang perkebunan kelapa sawit di Papua, yang berkomitmen dalam penerapan tata kelola sawit berkelanjutan dan terus berinovasi untuk mengedepankan tanggung jawab lingkungan dan sosial. (Fionny, Bryan /Humas PPA MGT)

Published On: November 6, 2022
Mungkin Anda tertarik dengan berita ini

Share This Story, Choose Your Platform!

Berita Terbaru
  • Published On: Januari 17, 2023
  • Published On: Desember 15, 2022
  • Published On: Desember 13, 2022