
Foto bersama di siswa-siswi SMPN Jair Halaman sekolah
BOVEN DIGOEL – Di era globalisasi yang semakin maju ini banyak bermunculan tokoh-tokoh muda inspiratif dan visioner yang didominasi oleh Gen-Z di Indonesia. Pencapaian mereka mentereng di berbagai bidang, baik di pemerintahan, swasta, hingga industri berbasis teknologi.
Oleh karena itu, untuk turut mendorong percepatan pembangunan manusia hingga di pedalaman Papua, Tunas Sawa Erma (TSE) Group sebagai perusahaan perkebunan kelapa sawit yang beroperasi di sana, berinisiatif mengadakan program Edukasi Sosial yang membawa tema “Smart Generation” seperti yang baru-baru ini dilaksanakan di Sekolah Menegah Pertama (SMP) Negeri Jair, Kampung Getentiri, Distrik Jair, Kabupaten Boven Digoel, Papua Selatan pada Jumat (8/3).
Di program Edukasi Sosial ini, siswa-siswi SMP Negeri Jair diberikan materi mengenai nilai-nilai kepemimpinan dan pentingnya pendidikan bagi Gen-Z yang mencakup pengembangan keterampilan komunikasi, pengambilan keputusan yang efektif, kepemimpinan yang berfokus pada nilai-nilai integritas.
“Program ini tidak hanya memberikan pengetahuan praktis kepada mereka, tetapi juga membangun kesadaran akan pentingnya nilai-nilai kepemimpinan yang inklusif dan berkelanjutan. Oleh sebab itu, kami mengajak siswa-siswi untuk memahami bagaimana mereka dapat menggunakan keterampilan kepemimpinan mereka untuk ikut berperan aktif dalam melakukan perubahan positif yang dimulai dari lingkungan terkecil mereka hingga ke komunitas yang lebih luas,” ucap Daniel Sim Ayomi A.Md, S.Sos, SH, MPA selaku pemateri.
Program ini diharapkan akan memberikan dorongan motivasi untuk membentuk mental dan pola pikir pemimpin bagi generasi muda Papua, sehingga tercipta lebih banyak lagi pemimpin masa depan yang berpikiran terbuka dan inspiratif dari pemuda Papua.

Penyampaian materi leadership oleh Daniel Sim Ayomi dari pihak perusahaan

Para siswa melakukan doa bersama sebelum memulai kegiatan Edukasi Sosial
“Materi yang diberikan kepada kami sangat menarik sekaligus menyenangkan, kami berharap akan ada lagi kegiatan seperti ini,” ungkap Lilis Marice Manaku siswi kelas Sembilan SMPN Jair saat dimintai tanggapan terkait kegiatan Edukasi Sosial yang dihadirkan oleh perusahaan.
Program Edukasi Sosial yang mengusung tema “Smart Generation” ini bukanlah hal baru di perusahaan. Program ini sudah dijalankan sejak tahun 2023, dan dalam pelaksanaannya dilakukan dengan cara memberikan materi-materi umum yang bertujuan untuk menambah wawasan dan pengetahuan siswa-siswi di sekolah-sekolah yang berada di sekitar wilayah operasional perusahaan. (Humas)
